Indolinear.com, Jakarta - Seperti yang kita ketahui, China merupakan pasar terbesar Apple kedua setelah Amerika Serikat. Namun saat penjualan di China mulai melambat, CEO Apple - Tim Cook mulai mengarahkan bidikannya ke India.

Mengincar India untuk dijadikan 'ladang subur' pendapatan Apple bukan tanpa alasan. Pihak Apple sudah melakukan penelusuran cukup lama dan memperoleh data bahwa India merupakan pasar smartphone terbesar kedua secara global. Sayangnya, ekonomi India tidak mendukung untuk membeli perangkat Apple yang terkenal mahal, dilansir dari Merdeka.com (30/07/2018).

Untuk itu, Tim Cook berencana untuk fokus menjual perangkat model lama di India. Kemungkinan besar, iPhone SE dan iPhone 6S yang bakal dijual di sana. Tidak berhenti di situ, dua perangkat tersebut dibuat di India sebagai cara agar konsumen di sana tidak membayar pajak impor dan bea cukai. Strategi yang menarik, bukan?

Faktanya, langkah Apple yang hendak menguasai India tidaklah mudah. Apple bakal mengalami kesulitan untuk bersaing dengan Xiaomi yang 'menghajar' pasar India tanpa ampun saat ini. Saat ini, Apple hanya memiliki pasar 2 persen saja di India.

Mampukah Apple menguasai pasar India? Kita nantikan saja. (Uli)