Indolinear.com, Kota Tangerang - Digital Marketing menjadi tema pameran Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tangerang di Lapangan Green Lake City, Cipondoh, Kota Tangerang, tanggal 18-22 Oktober 2018.

Pasalnya, di era Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) saat ini, digital marketing adalah salah satu perkembangan teknologi yang tidak bisa dilewatkan oleh para pelaku UMKM.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang, Syamsul Bahri.

Menurutnya, ketika semua hal sudah dikaitkan dan dapat diakses secara online, pelaku UMKM diharapkan dapat mengambil peluang dan mampu menghasilkan pundi keuntungan lewat dunia maya.

Oleh karena itu, Dinas Kominfo Kota Tangerang, melalui Bidang Diseminasi Informasi dan Komunikasi Publik, terus berupaya menghadirkan solusi dan inovasi di setiap kegiatannya.

Di antaranya dengan memberikan pelatihan, pendampingan hingga promosi via marketplace kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)/Komunitas UMKM yang ada di Kota Tangerang.

"Ini kami lakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kualitas hidup masyarakat khususnya bagi UMKM. Tentu diperlukan kerja sama dan dukungan semua elemen masyarakat," ujar Syamsul kepada Wartakotalive.com di Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, dilansir dari Wartakota.tribunnews.com (18/10/2018).

UMKM Binaan

Seperti pada perhelatan pameran Harkopnas, Dinas Kominfo turut menghadirkan UMKM yang berada di bawah binaannya, yaitu UMKM yang telah mengikuti pelatihan dan pendampingan.

"Di mana mereka akan menampilkan berbagai produk beserta media - media promosi yang telah mereka miliki dari hasil pelatihan dan pendampingan," ucapnya.

Menurut Syamsul, keberadaan UMKM tentu perlu didukung. Di antaranya dengan memberikan dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap manfaat TIK dalam dunia usaha.

"Alhamdulilah, dari upaya kami melalui pelatihan digital marketing, berbuah hasil berupa order yang mereka dapatkan via marketplace," kata Syamsul seraya menegaskan, namun yang tak kalah penting, bagaimana mampu meningkatkan kualitas kemampuan mereka dalam memanfaatkan TIK secara positif.

Dengan konten yang diberikan dalam pelatihan dan pendampingan, di antaranya pemanfaatan Search Engine Optimization (SEO) sebagai strategi pemasaran online, membuat Google My Business, berniaga. Dan branding melalui media online atau media sosial, juga dibuatkan template web serta promosi via marketplace. (Uli)