Indolinear.com, Jakarta - Tutup tahun dengan menempati peringkat kedua selama 10 tahun berturut-turut dalam penjualan ritel otomotif nasional, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) langsung tancap gas tahun ini. Pabrikan asal Jepang ini, mampu menjual sebanyak 16.274 unit ritel pada bulan pertama 2019, dan wholesale sebesar 14.769 unit.

Berdasarkan data yang dikirimkan PT ADM, dengan penjualan retail tersebut, Daihatsu meraih pangsa pasar sebesar 18,7 persen dari volume retail nasional sebesar 87.048 unit. Sementara untuk wholesale, Daihatsu meraih market share sebesar 18,7 persen dari volume nasional sebesar 81.677 unit, dilansir dari Liputan6.com (25/02/2019).

Penjualan retail sales Daihatsu didominasi Sigra, dengan 4.260 unit atau berkontribusi sebesar 26 persen. Diikuti oleh Gran Max (PU) 3.424 unit (21 persen), dan Terios 2.426 unit (15 persen).

Sementara untuk LMPV andalan, Xenia hanya terdistribusi 2.299 unit (14 persen), Ayla mencapai 2.182 unit (13 persen), dan Gran Max (MB) 1.304 unit (8 persen). Sedangkan untuk line-up Daihatsu lainnya, yakni Luxio, Sirion & Hi-Max, mencapai 379 unit (3 persen).

Untuk penjualan wholesale, tidak berbeda cukup jauh dengan retail masih didominasi Sigra sebanyak 3.827 unit (26 persen), diikuti Gran Max (PU) sebesar 3.212 unit (22 persen), dan Xenia 3.037 unit (21 persen).

Kemudian, ada Ayla dengan torehan sebesar 1.825 unit (12 persen), Terios 1.459 (10 persen), dan Gran Max (MB) 1.042 unit (7 persen). Untuk model lainnya (Luxio, Sirion, dan Hi-Max) berkontribusi 367 unit (2 persen).

"Kami bersyukur, Daihatsu mengawali tahun 2019 dengan capaian penjualan yang cukup baik. Daihatsu akan terus meningkatkan pelayanan penjualan dan purna jual bagi seluruh Sahabat Daihatsu di Indonesia," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM. (Uli)