Indolinear.com, AS - Keputusan mengejutkan diambil perenang Amerika Serikat, Missy Franklin. Baru berusia 23 tahun, Franklin memutuskan pensiun dari olahraga yang membesarkan namanya.

Cedera bahu berkepanjangan membuat mantan ratu renang dunia itu mengakhiri kariernya. Franklin mengakui sangat berat mengambil keputusan itu.

"Butuh waktu lama untuk mengucapkan kata-kata 'Saya pensiun', tetapi sekarang saya siap untuk tidak merasakan sakit setiap hari," kata Missy Franklin dikutip dari Kompas.com (22/12/2018).

Saat ini, Franklin mangaku sudah siap untuk menjalani babak baru dalam hidupnya.

"Saya siap menjadi seorang istri. Saya siap untuk terus tumbuh setiap hari untuk menjadi orang terbaik dan teladan yang saya bisa. Saya siap untuk sisa hidup saya," ujar Franklin lagi.

Keputusan pensiun Franklin tentu akan menjadi pukulan berat bagi olahraga renang di Amerika Serikat. Bagaimana tidak, Missy Franklin merupakan peraih medali emas terbanyak dalam satu penyelenggaraan Olimpiade musim panas di semua cabang olahraga.

Dalam debutnya pada Olimpiade London 2012, Franklin yang ketika itu masih berusia 17 tahun berhasil mendapatkan empat keping medali emas.

Franklin saat itu meraih medali emas di nomor 100 meter gaya punggung, 200 meter gaya punggung, 4x200 meter gaya bebas, dan 4x100 meter medley. Bahkan, Missy Franklin juga mendapatkan medali perunggu di nomor 4x100 meter gaya bebas. (Uli)